GENERAL INFO

komodo-dragonKomodo & Kayu Cendana mungkin adalah dua hal yang paling dikenal dari propinsi ini. Tetapi Nusa Tenggara Timur, dahulu pernah dijajah Portugis, memiliki lebih banyak lagi hal menarik. Melakukan perjalanan ke pedalaman propinsi ini adalah impian setiap petualan / wisatawan, karena keindahan berbeda yang ditawarkannya, ragam tradisi yang unik, kesahajaan dan keramahan para penduduknya, serta kekayaan biota laut yang menghuni perairan diseputar pulau-pulaunya, semua membuat propinsi ini sangat menarik untuk menjadi destinasi wisata kamu selanjutnya.

ntt-map

“Pergi ke sini (Nusa Tenggara Timur) adalah merupakan petualangan tersendiri”, ujar Chris Burch, pendiri label fashion ternama Tory Burch, di majalah Vanity Fair. Kamu yang tinggal di Eropa atau Amerika harus terbang ke Hong Kong atau Singapura terlebih dahulu, kemudian Bali, dan melanjutkan perjalanan singkat dengan pesawat ke bandara di Labuan Bajo atau Tambolaka di Sumba. Propinsi Nusa Tenggara Timur terdiri dari lebih dari 550 pulau, dengan pulau utamanya Flores, Sumba dan Timor. Berbeda dengan propinsi disebelahnya Nusa Tenggara Barat, disini penduduknya mayoritas menganut Katolik dan budayanya sangat dipengaruhi oleh Portugis dengan peninggalannya yang masih dapat terlihat dengan mudah. Walau hanya sebagian saja yang berada dalam wilayah kekuasaan Indonesia, pulau Timor tempat ibukota propinsi Kupang berada boleh dibilang sebagai yang terpadat diantara semua. Flores (bunga dalah bahasa Portugis), sebuah pulau dengan bentuk memanjang dengan banyak gunung api, menampilkan pemandangan yang dramatis dan dataran yang sulit ditembus, sehingga tidak heran jika pulau ini terbagi ke dalam beberapa distrik dengan budaya dan bahasanya masing-masing.

Mengunjungi propinsi ini akan membuat kamu serasa berada di dunia lain karena alamnya yang luar biasa; dari pantai-pantainya yang menawan hingga topografinya yang menantang, keragaman budaya, hingga kehadiran komodo sejak jaman prasejarah. Keindahan alam yang masih asri membuat propinsi ini sangat menakjubkan dan wajib dikunjungi setiap pejalan.

KOMODO AUDAX Brochure small

Pulau Flores
Negeri ini sangat indah untuk di jelajahi. Pulau. Pulau Flores adalah tempat eksotis, Pulau ini memiliki sentuhan etnik yang kuat dengan pekerjaan khas suku peradaban, pengaturan alam yang begitu indah, ada gunung berapi yang menjulang, danau kawah berwarna, hutan, kebun laut yang indah dengan pantai pasir putih, dan hewan raksasa prasejarah juga. Salah satu gunung berapi terindah adalah kaldera Kelimutu di Flores Tengah, dengan tiga danau berwarna. Ada 14 gunung berapi aktif di Flores, puncak tertinggi (The 2400m Gunung Ranaka).
Secara fisik, orang-orang di ujung barat pulau lebih Melayu, sementara yang lain di habitans Flores lebih Melanesia. Pulau dengan penduduk sebanyak 1,5 juta orang dibagi menjadi lima kelompok linguistik dan budaya utama. Sekitar 85% penduduknya memeluk Katolik, tetapi di daerah pedesaan khususnya, Kristen dibagi ke kepercayaan tradisional. Ritual animisme masih penting di sini untuk berbagai Acara, mulai dari kelahiran, pernikahan, dan kematian untuk membangun rumah baru, atau untuk menandai poin-poin penting dalam siklus pertanian. Muslim cenderung berkumpul di kota-kota pesisir seperti Ende di mana mereka membuat setengah dari populasi. Flores merupakan bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini dibagi menjadi delapan kabupaten (pemerintah daerah kabupaten), dari barat ke timur ini: Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka dan Flores Timur. Tempat yang baik untuk snorkeling dan menyelam di beberapa lokasi di sepanjang pantai utara Flores, terutama Maumere dan Riung. Flores Barat juga merupakan tempat terbaik untuk eko wisata, trekking, hiking, dan burung.

komododragon

Highlight Tempat Wisata
Labuan Bajo dan sekitarnya bisa mengunjungi:
(Labuan Bajo adalah lokasi terdekat untuk mengunjungi Kepulauan Komodo)

  1. Pulau-pulau kecil di seputar Labuan Bajo seperti Pulau Kanawa, Pulau Kelor dan Pulau Bidadari;
  2. Pantai Pede: kawasan resort baru dan hotel juga restauran dan karaoke, pantai Pede untuk menikmati sunset;
  3. Gua Batu Cermin, sekitar 5 km dari kota. Gua ini menarik untuk ditelusuri. Ada spot dimana sinar matahari masuk diantara celah batuan gua dan menyinari objek batu. Jika Anda berdiri di spot ini akan terlihat berkilauan seperti di panggung. Waktu terbaik untuk datang menikmati gua adalah sore hari, sekitar jam 3 dan 4 sore. Ada penyewaan senter;
  4. Air terjun Cunca Wulang. Sekitar 1 jam berkendara dari Labuan Bajo ke arah Ruteng. Perlu jalan kaki sekitar 30 menit (kurang dari 1 km) untuk mencapai air terjun yang indah ini;
  5. Danau Sano Nggoang. Sekitar 35 km dari Labuan Bajo ke arah Ruteng. Danau vulkanik ini sangat indah. Ada sumber air panas dan belerang, berkuda mengelilingi danau serta pengamatan burung;
  6. Gunung Mbeliling. Cocok untuk yang menyukai wisata alam seperti trekking;
  7. Gua Istana Ular. Cocok untuk pencinta reptile dan penyuka wisata petualangan;
  8. Kampung adat Wae Rebo;
  9. Kampung adat Todo;

Ruteng
(Ruteng masuk ke dalam Kabupaten Manggarai Timur, sekitar 5 jam berkendara dari Labuan Bajo. Daerah ini sejuk dan pemandangannya sangat indah).

  1. Sawah Lingko di Desa Cara. Sering disebut Spider Web, karena sawah adat ini berbentuk seperti sarang laba-laba;
  2. Golo Curu. Tempat untuk menikmati pegunungan dan pemandangan kota Ruteng dari bukit;
  3. Danau Ranamese. Terletak di jalan antara Ruteng dan Labuan Bajo;
  4. Gua Liang Bua. Tempat fosil Homo Floresiensis ditemukan;
  5. Kampung adat Ruteng Puu;

Bajawa

(Termasuk dalam Kabupaten Ngada. Daerah ini sejuk dan kaya akan wisata kampung adat serta trekking ke gunung api dan kampung adat)
Tempat Wisata yang ada di Bajawa :

  1. Kampung adat Bena;
  2. Bukit Manulalo. Panorama alam yang sangat indah, cocok untuk mengambil foto;
  3. Kampung adat Belaraghi;
  4. Sumber air panas Soa;
  5. Pulau Riung.

Ende
Tempat Wisata yang ada di Ende :

  1. Danau Kelimutu;
  2. Desa tradisional Moni;
  3. Rumah Pengasingan Bung Karno;
  4. Pantai Batu Hijau;
  5. Wisata pantai.

danau kelimutu

Danau Tiga Warna atau Danau Kelimutu sangat terkenal hingga mancanegara, bahkan sempat diklaim juga sebagai salah satu keajaiban dunia karena memiliki 3 warna yang berbeda pada airnya dan dapat berubah-ubah setiap waktu yang dapat anda saksikan ketika anda berkunjung ke tempat ini. Ada juga Kampung Adat Wologai yang terletak di Desa Wologai Tengah, di sekitar Taman Nasional Kelimutu. Di sana anda dapat melihat langsung rumah adat Suku Lio dan berbagai atraksi budaya yang disajikan oleh kampung wisata ini. Anda juga bisa mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Jalan Perwira, tempat dimana presiden Soekarno pada waktu diasingkan oleh Belanda ke Ende menempati rumah ini bersama keluarganya untuk menghabiskan waktu sebagai tahanan politik pada masa itu.

Pantai Mbu’u yang terletak 5 km dari pusat kota, dapat dikunjungi bagi anda yang ingin berenang atau memancing. Anda juga dapat berendam di Kolam Air Panas Ae Oka Detusoko. Di kolam ini airnya mengandung belerang yang dpercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit. Bagi yang hobi fotografi dapat menjepretkan kamera ke cakrawala Pantai Ria Ende pada saat matahari terbenam sambil menikmati jajanan lokal yang ditawarkan oleh pedagang sekitar pantai ini.

Maumere
Objek Wisata Maumere, Flores
patung-bunda-maria

Berikut ini adalah daftar objek wisata di Maumere, Flores.

  1. Pantai Koka
  2. Pantai Waturia
  3. Pantai Sikka
  4. Pantai Waiara
  5. Pantai Doreng
  6. Pantai Patiahu, Wairterang
  7. Pantai Wodong
  8. Pantai Sao Wisata
  9. Gua alam Keytimu dan Wairbao di Bola
  10. Air Panas di Palue, Gunung Egon di Talibura
  11. Batu Meteor di Desa Kloangpopot
  12. Pemandangan alam puncak Blira Sina Watublapi
  13. Taman Laut Teluk Maumere
  14. Taman Satwa di Pulau Damlia
  15. Gereja Tua Sikka
  16. Patung Bunda Maria (Mageria, Wisung Fatima Lela, Watusoking / Watubala dan Hokor)
  17. Patung Kristus Raja di Kota Uneng
  18. Museum Blikon Blewut (Ledalero)
  19. Perahu Tembaga / Jong Dobo (Desa Iantena) Kecamatan Kewapante
  20. Kuburan Batu / Kampung Tua Desa Lenan Dearate Kec. Paga
  21. Ritual Watu Mahe
  22. Gading Gajah Purba (Watublapi)
  23. Kampung Tradisonal (Nuabari, Hewokloang, Wuring / Bugis)
  24. Sanggar Budaya: (Gait Gu di Tebuk, Cogo, Canda di Nangahale, Tarian Bobu di Sikka, Bliran Sina di Watublapi, Wuat Puan di Watublapi, Puger Mudeng di Ohe, Pesalintuna di Bola, Penin di Dokar, Tarian Bebing di Hokor)
  25. Taman berburu di Pulau Besar
  26. Pusat Kerajinan Rumah Tangga dan Pasar Tradisional
  27. Keanekaragaman budaya Suku Palue di Kecamatan Palue
Top